Menjadi Orang Cerdas Dalam Mengelola Uang, Bantu Atasi Masalah Finansial

Mengelola keuangan dengan cerdas dapat membantu mengatasi masalah dalam finansial, disisi lain juga membuat bijak dalam menggunakan uang.

Sebuah pencapaian finansial yang sukses dan bijak menggunakan uang tidak terjadi begitu saja, karena hal tersebut perlu dipelajari dan juga dilatih, mungkin ada yang memang sudah bakat sejak kecil.

Namun sepertinya hal itu tidak terjadi antara kamu dan saya, perlu dilakukan pelatihan dan kesabaran yang panjang agar dapat bijak dalam mengelola uang. Kemampuan mengatur finansial sangat dibutuhkan agar dimasa depan tidak boros.

Menjadi Lebih Hemat

Dalam suatu kehidupan sehari hari pasti tidak asing lagi dengan yang namanya sebuah pengeluaran, baik untuk makanan, transportasi atau kebutuhan hiburan lainya. Namun ada sebuah hal kecil yang perlu dilakukan dimana bisa membuat hidup menjadi hemat.

Salah satu contohnya adalah menghemat suatu tagihan rutin, seperti pembayaran listrik, pulsa, kebutuhan internet, air dan masih banyak lagi. Biasanya untuk membayar kamu harus menggunakan sebuah jasa milik orang lain.

Namun mulai dari tagihan itu kamu bisa menghemat, caranya adalah memulai berjualan pulsa namun dipakai sendiri, untuk lebih lengkapnya dalam berjualan pulsa bisa membaca, Cara Berjualan Pulsa, Menghemat Finansial.

Hal lainya adalah mencoba meminimalisir biaya perawatan kendaraan, baik pajak maupun perawatan komponen kendaraan, miliki kendaraan yang sekiranya cukup untuk kebutuhan saja, karena memiliki kendaraan pribadi yang banyak justru membuat biaya perawatan mahal.

Atau untuk berpergian bisa menggunakan transportasi umum dimana akan lebih hemat dari pada menggunakan kendaraan pribadi (menghitung biaya perawatan).

Ingin sesuatu? Jangan beli dulu ferguso!

Sebagai makhluk hidup tentu kita memiliki nafsu untuk memiliki sesuatu, begitu juga membeli suatu barang bagus. Ketika ingin sesuatu hal yang besar atau baru, cobalah besarabar untuk tidak membeli produk tersebut.

Pikirkan apakah barang / jasa tersebut akan berguna dengan baik atau tidak, akan bertahan lama atau tidak (jangka pemakaian). Jika sekiranya tidak bermanfaat banyak kedepanya, jangan lah membeli. Terkadang untuk mengatur masalah finansial memang harus menahan nafsu untuk memiliki.

Alternatif lain jika memang tidak bisa menahan, bisa membeli produk tersebut atau jika ingin menyimpan uang, belilah produk bekas namun masih bisa berfungsi dengan baik, aktifitas jual beli (trade) bekas sangat disukai oleh banyak orang karena bisa mendapatkan setengah harga.

Namun perlu diperhatikan ketika membeli barang bekas, usahakan untuk saling bertemu (COD) untuk memastikan apakah barang masih bisa digunakan atau tidak, demi menghindari sebuah penipuan.

"Pintar" dalam berbelanja

Masih seputar topik belanja, tentu ketika ingin membeli kebutuhan harian seperti bahan makanan, dan lain lain usahakan untuk membuat daftar belanja. Mengapa daftar belanja sangatlah penting?

Daftar belanja dapat membantu para individu untuk menemukan dengan cepat apa yang akan dibeli, karena kebiasaan orang Indonesia suka membeli sesuatu yang dimana diluar daftar belanja.

Harapanya ketika membuat daftar belanja maka tidak memiliki keinginan untuk membeli hal yang lain, sekaligus menghemat uang juga dapat menghemat waktu dalam belanja.
Tukar Pulsa Jadi Uang

Daftar isi